Monday, November 7, 2016

Apakah Mutasi Itu?

Apakah Mutasi Itu?
Apakah Mutasi Itu?

Mutasi merupakan peristiwa berubahnya susunan materi genetika (DNA) yang berakibat berubahnya fenotipe suatu makhluk hidup. Oleh karena itu, peristiwa mutasi dapat dianggap sebagai salah satu penyebab terjadinya keanekaragaman materi genetika pada makhluk hidup. Agen yang menyebabkan mutasi disebut mutagen, sedangkan makhluk hidup yang mengalami mutasi disebut mutan. Pada umumnya, gen yang telah mengalami mutasi cenderung bersifat stabil. Artinya, gen tersebut tidak akan mengalami mutasi lagi.

Istilah dan teori mutasi pertama kali dikemukakan oleh Hugo de Vries (1904), seorang ahli botani dari Belanda. Dalam bukunya yang berjudul The Mutation Theory, Vries menjelaskan bahwa mutasi merupakan peristiwa yang jarang terjadi di alam. Namun, jika terjadi, sifat yang berubah pada peristiwa mutasi tersebut akan diwariskan kepada generasi berikutnya. Kesimpulan demikian diperoleh setelah Vries melakukan percobaan terhadap bunga pukul empat (Mirabilis jalapa).

Pada tahun 1928, Herman J. Muller, seorang ilmuwan Amerika mengemukakan bahwa semakin besar dosis radiasi yang diberikan, semakin besar pula terjadinya mutasi. Hasil tersebut diperoleh setelah Muller melakukan percobaan dengan menggunakan sinar X terhadap lalat buah (Drosophila melanogaster).

Mutasi dapat dibedakan atas beberapa macam berdasarkan criteria tertentu. Misalnya, berdasarkan tipe sel yang mengalaminya, faktor kejadiannya, atau tingkatannya.


Sumber : Buku Biologi karya Drs. Arif Priadi, M.Ed
Apakah Mutasi Itu?
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.