Monday, November 7, 2016

Klasifikasi Lumut (Bryophyta)

Klasifikasi Lumut (Bryophyta)
Klasifikasi Lumut (Bryophyta)
Pada umumnya dikenal tiga macam lumut, yaitu kelas Bryopsida (lumut daun), kelas Hepaticopsida (lumut hati) dan kelas Anthoceropsida (lumut tanduk).


1. Kelas Bryopsida (Lumut Daun)
Lumut daun (disebut juga kelas Musci) memiliki batang semu yang tegak dengan panjang kurang dari 3 cm. Lembaran daunnya tipis dan tersusun secaara spiral. Contoh lumut daun adalah Sphagnum fimbriatum, Aeobryopsis longissima, Pogonatum cirrhatum, dan Mniodendron divaricatum.

Pada tahapan gametofit, organ reproduksi seksual tumbuh pada bagian pucuk batang yang berdaun. Arkegonium akan terbuka saat sel telur telah siap dibuahi. Jika ada air, maka sel sperma akan berenang menuju arkegonium dan membuahi sel telur. Hasil fertilisasi tersebut akan tumbuh menjadi sporofit yang memiliki tangkai panjang dengan pucuk berkapsul. Di dalam kapsul sejumlah spora dibentuk. Saat spora sudah matang, kapsul akan terbuka dan spora terbawa oleh angin. Spora yang jatuh di tempat yang sesuai akan tumbuh menjadi protonema. Protonema tersebut kemudian berkembang menjadi lumut yang baru.

2. Kelas Hepaticopsida (Lumut Hati)
Contoh lumut hati yang paling dikenal adalah Marchantia polymorpha, Riccia frostii, dan Ricciocarpus natans. Lumut hati berbentuk seperti lembaran daun atau lobus. Pada permukaan bawah lobus tersebut terdapat rizoid.

Reproduksi seksual terjadi melalui fertilisasi sel telur oleh sperma. Saat anteridium matang, sel sperma akan berenang melalui air menuju ke arkegonium sehingga terjadi proses fertilisasi. Zigot hasil fertilisasi akan tumbuh menjadi sporofit. Selanjutnya, sporofit membentuk kapsul yang tampak menonjol keluar dari arkegonium.

3. Kelas Anthoceropsida (Lumut Tanduk)
Lumut tanduk memiliki struktur seperti lumut hati. Ciri khasnya struktur tanduk yang tumbuh di luar gametofit. Lumut tersebut biasa hidup di daerah sepanjang pinggir sungai, danau atau selokan. Contoh yang banyak dikenal adalah Anthoceros sporophytes.


Sumber : Buku Biologi karangan Drs. Arif Pribadi, M.Ed.
Klasifikasi Lumut (Bryophyta)
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.