Sunday, November 13, 2016

Proses Masuknya Agama Islam ke Indonesia

Proses Masuknya Agama Islam ke Indonesia
Proses Masuknya Agama Islam ke Indonesia

Sebagaimana proses masuk dan berkembangnya Hindu-Buddha, masuk dan berkembangnya Islam juga tidak diketahui dengan pasti. Namun, berdasarkan sumber-sumber sejarah didapatkan beberapa hipotesis dari para ahli sejarah.

Pertama, Snouck Hurgronje menyatakan bahwa Islam masuk ke Indonesia dibawa oleh para pedagang Gujarat abad ke-13, melalui jalur perdagangan Timur Tengah-Cambay (Gujarat)-Asia Tenggara (Indonesia).

Kedua, G.E. Marrison menolak pendapat Hurgronje karena Gujarat telah menjadi Kerajaan Hindu pada abad ke-13. Marrison menyatakan bahwa Islam dibawa oleh para ahli tasawuf dari Malabar (India Selatan) pada abad ke-13.

Ketiga, Husein Djajadiningrat menyatakan bahwa Islam berasal dari Persia. Hal ini terlihat dari adanya peringatan 10 Muharram yang juga diperingati oleh Kaum Syiah-Persia; penggunaan tanda baca Al-Quran yang sama dengan di Persia, yaitu zabar, zeer, pyes untuk membaca fathah, kasroh, dhommah; dan kesamaan ajaran sufi yang dikembangkan oleh Syekh Siti Jenar dan Hamzah Fanshuri dari Indonesia dengan ajaran sufi yang dikembangkan oleh Al-Hallaj dari Persie.

Keempat, Hamka menyatakan bahwa Islam dibawa oleh pedagang Arab pada abad ke-7 melalui Cina. Hal ini terlihat dari berkembangnya madzhab Syafi’i di Indonesia, yang merupakan madzhab yang berkembang dan dianut di sekitar Mekkah.

Kelima, Islam dibawa oleh pasukan Laksamana Ceng-Ho dari Cina. Hipotesis ini didapatkan dari berita-berita Cina yang ditemukan di Klenteng Sampokong di Batu-Semarang, Klenteng Talang di Cirebon, Kronik Melayu, berita tahunan Melayu, dan berita Cina dinasti Ming. Hipotesis ini didukung oleh Denys Lombard, Anthony Reid, H.J. de Graaf, Th. Pigeaud, Slamet Mulyana, dan Sumanto Al-Qurtubi.

Secara umum, para ahli sejarah sependapat bahwa Islam berkembang di Indonesia oleh kaum pedagang, melalui kegiatan pelayaran dan perdagangan.



Sumber : Buku Sejarah karya Nana Supriatna
Proses Masuknya Agama Islam ke Indonesia
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.